Cara Menginstal Operating System Dengan Menggunakan USB

Menginstall operating system windows pada computer yang biasa dilakukan adalah dengan menggunakan CD/DVD windows melalui CD/DVD Rom. Baik itu computer desktop maupun laptop yang terdapat CD/DVD Romnya. Namun bagi pengguna netbook yang tidak terdapat cd/dvd romnya akan merasa kesulitan saat melakukan install ulang windows yang dikarenakan terjadi kerusakan atau crash windows atau dengan alasan upgrade windows. Keadaan seperti ini masih bisa diatasi dengan beberapa cara, yaitu install windows dengan menggunakan CD/DVD Rom external. Agar cd/dvd rom computer dapat dijadikan cd/dvd external, bisa dilakukan dengan menambah alat yang bernama IDE SATA to USB. Cara yang kedua adalah dengan menggunakan media removable disk seperti Flashdisk. Cara install windows dengan flashdisk ini merupakan cara yang lebih praktis, dikarenakan flashdisk lebih bersifat mobile dan juga tidak repot.

Untuk membuat flashdisk ini dapat dijadikan sarana untuk install ulang tidak bisa hanya dengan melakukan copy paste file yang ada di cd/dvd windows ke flashdisk. Namun flashdisk ini harus dibuat sebagai bootable USB flashdisk. Untuk membuat flashdisk menjadi bootable sehingga bisa dijadikan sarana untuk install windows, kita memanfaatkan software yang berfungsi untuk merubah flashdisk menjadi bootable disk. Ada beberapa software yang bisa dicoba, diantaranya adalah Windows 7 USB DVD Tools, A Bootable USB, dan Wintoflash. Untuk wintoflash, tools ini dapat membuat bootable USB Drive tidak hanya pada windows 7 tetapi bisa juga untuk windows XP, windows 2000, windows vista. Tapi sayang saat aku mencoba buat bootable USB Drive untuk windows XP, masih belum bisa alias gagal.

Yang harus sahabat siapkan dalam membuat flashdisk sebagai alat untuk install windows 7 adalah :

  1. Flashdisk dengan ukuran volume lebih dari 2 giga bite ( bisa 4 atau 8 giga bite )
  2. DVD Windows 7 atau File windows 7 dengan format iso ( iso file). Untuk membuat file iso dari CD/DVD bisa dibuka caranya di membuat file iso dari CD/DVD.

Cara membuat bootable USB flashdisk menggunakan tools Windows 7 USB DVD Tools adalah sebagai berikut.

Jalankan Windows 7 USB DVD Tools, pada kolom source file cari file iso windows sahabat berada dengan menekan tombol browse kemudian klik next

Pada pilihan USB Device dan DVD, pilih USB device

Pilih lokasi USB Flasdisk sahabat kemudian klik Begin copying

Proses pembuatan USB Flasdisk bootable windows 7 sedang berlangsung dan tunggu hingga selesai.

Cara membuat bootable USB Flashdisk menggunakan A Bootable USB :

  1. Colokkan flashdisk anda
  2. Jalankan A bootable USB ( run as administrator )
  3. Klik Check USB drive
  4. Pilih Format USB drive
  5. Pilih DVD or ISO image yang sahabat punya
  6. Klik Start the process untuk membuat bootable USB drive

Untuk menginstall windows 7 dengan menggunakan flashdisk, pastikan pengaturan bios/cmos booting pada posisi USB Drive flashdisk ( Booting melalui flashdisk ). Untuk BIOS computer yang terbaru ini biasanya sudah mendukung booting melalui flashdisk. Kalau belum mendukung booting melalui flashdisk, mungkin cara cd/dvd rom external menjadi pilhan yang tepat.

download windows 7 USB DVD Tools atau diDownload disini
Download A Bootable USB
Download Wintoflash

Related search :
Membuat flashdisk agar bisa dijadikan alat untuk install windows, cara membuat bootable flasdisk, install windows menggunakan flashdisk, Flashdisk bisa digunakan install windows 7, Download software membuat bootable USB Drive, Download Windows 7 USB DVD Tools, download Wintoflash, download A Bootable USB, install windows pada netbook, DVD/CD rom external

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s