Mengembangkan Jati diri

MEMBANGUN JATI DIRI DENGAN MODAL KEDEWASAAN BERPIKIR
By: moch agus setiawan

PENDAHULUAN
Kita menyadari sepenuhnya bahwa melaksanakan perubahan bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan tapi mudah diucapkan, oleh karena itu belajarlah menghargai diri sendiri sebagaimana anda saat ini akan memberikan keberanian untuk berubah dan berkelanjutan dengan bertolak dari menerima masa lampau anda dan melihat bagaimana masa lampau membentuk hidup anda hari ini.
Hari ini dengan modal kedewasaan berpikir anda mengikuti tuntutan perubahan dengan membangun kebiasaan yang produktif untuk menuntun anda dalam usaha mengharapkan kebaikan baru dalam hidup anda, dan anda bersyukur untuk kebaikan yang telah engkau taruh ke dalam hidup anda.
Dengan kekuatan pikiran anda untuk menyesuaikan diri dari tuntutan perubahan, berarti anda mulai memikirkan untuk menerima perubahan dan menerimanya sebagai bagian penting dari pertumbuhan dan perkembangan yang anda bangun dengan komitmen. Oleh karena itu yakinlah anda tidak sendirian dan dapat menghadapi apa pun dengan suatu pertolongan kekuatan yang lebih tinggi sebagai hidayah dari Allah Swt. Inilah yang dikatakan memiliki modal kedewasaan berpikir.
Modal kedewasaan berpikir akan tumbuh dan berkembang pada setiap manusia, apabila potensi otak manusia dapat dimanfaatkan dari dua sudut pandangan artinya pertama memahami makna otak dari phisik yang terkait dengan otak atas (kiri dan kanan) dengan fungsi “otak kiri” menangani angka, logika dll., yang memerlukan pemikiran rasional, dan “otak kanan” memfokuskan diri pada rupa dan bentuk, warna-warni dan kelembutan mengabaikan ukuran dan demensi menjadi kreativitas, imajinasi.. Otak bawah adalah otak bawah sadar. Dia mengendalikan emosi, sikap insting seseorang. Kedua pandangan dari sudut rohaniah dengan mengurikan huruf menjadi kata bermakna.
Dengan mendalami makna otak yang kita utarakan diatas, maka potensi otak pada manusia dapat mendukung untuk meningkatkan modal kedewasaan berpikir kedalam fungsi rohaniah, sosial, emosi dan intelektual. Kekuatan berpikir yang digerakkan oleh empat unsur diatas, maka dengan mengharapkan kebesaran Allah Swt. Untuk dapat memahami bahwa dengan kehendakNya bagi anda adalah untuk merealisasikan potensi anda sepenuhnya. Oleh karena itu dengan modal kedewasaan berpikir yang juga menjadi kekuatan dalam membangun kebiasaan yang produktif, maka hari ini anda melepaskan pengalaman yang menyakitkan dan memahami tujuan apa yang dibawa oleh pengalaman itu dalam proses pertumbuhan anda.
Jadi membangun jati diri dengan modal kedewasaan berpikir berarti menerima perubahan sebagai suatu kebutuhan dalam usaha untuk meningkatkan kebiasaan yang produktif dengan ditopang penguasaan ilmu sebagai informasi, pengetahuan sebagai keterampilan dan keinginan yang dilandasi dengan niat agar memiliki kemampuan untuk mengubah cara berpikir dalam mewujudkan wajah baru dalam perjalanan hidup anda. Itulah sebuah keberanian dan keyakinan anda agar anda dapat menuntun kekuatan sikap dan perilaku. Yang penting dalam perjalanan hidup ini, bukanlah apakah anda tidak mampu menerima perubahan, melainkan apakah anda bangun kembali untuk berusaha berubah.
RUBAHLAH CARA BERPIKIR DAN KEHIDUPAN ANDA
Bertolak dari pemahaman atas kebiasaan yang produktif, berarti anda menyadari bahwa semua impian anda bisa menjadi kenyataan kalau kita berani mengejarnya dengan komitmen yang secara sadar mau melakukan perubahan dalam cara berpikir dan hidup anda, maka disitu terdapat peluang.
Dengan kekuatan sikap anda, mungkin anda tak dapat mengubah dunia yang anda lihat di sekeliling anda, tetapi anda dapat mengubah cara anda memandang dunia di dalam diri anda, oleh karena itu dengan modal kedewasaan berpikir menuntun anda untuk memahami hal-hal yang kita ungkapkan dibawah ini :
Apa artinya menjadi pemikir yang baik :
Untuk menjadi pemikir yang baik mudah diucapkan, tetapi aktualisasinya sulit, disinilah letak pentingnya membangun kebiasaan yang produktif. Cobalah anda bayangkan manusia yang berhasil dengan manusia yang tidak berhasil. Jawabannya adalah terletak pada berpikir baik artinya anda mampu meletakkan kedewasaan berpikir secara rohaniah, sosial, emosional dan intelektual dalam proses berpikir sehingga anda memahami hubungan antara tingkat pikiran dengan tingkat kemajuan, oleh karena itu anda sadar bahwa utuk mengubah kehidupan anda, anda harus mengubah cara berpikir.
Untuk mewujudkannya, timbul pertanyaan pada diri anda, siapakah yang akan mengubah pikiran anda ? Umumnya orang berpandangan dari pendidikan formal dan itu selalu di kobarkan oleh pendidik bahwa dengan bertambah tinggi akan dapat merubah nasib anda. Masalahnya lembaga pendidikan berusaha mengajari orang “apa yang harus dipikirkan” bukannya “bagaimana caranya berpikir”
Yang penting bagi anda adalah mengapa sebaiknya anda rebut nilai berpikir baik, karena 1) berpikir baik menciptakan landasan untuk hasil baik ; 2) berpikir baik itu merupakan langkah meningkatkan kedewasaan berpikir anda ; 3) berpikir baik menghasilkan lebih banyak pemikiran baik yang mendorong anda untuk menjadikannya kebiasaan yang produktif.
Bagaimana caranya mengungkit yang dapat memberikan daya dorong menjadi pemikir yang baik dalam arti memiliki modal kedewasaan berpikir untuk itu bagian dari kebiasaan yang produktif adalah pengetahuan yang menggambarkan keterampilan, maka bayangkan gambaran 1) menggugahkan potensi berpikir terfokus ; 2) menggugahkan kemampuan berpikir kreatif ; 3) menyadari pentingnya berpikir realistik ; 4) membuka kekuatan berpikir strategis ; 5) menumbuh kembangkan kekuatan enerji berpikir penuh kemungkinan ; 6) menggugah komitmen untuk menumbuh kembangkan partisipasi berpikir bersama ; 7) menumbuh kembangkan makna berpikir tidak sekedar bayangan mementingkan diri sendiri ; 8) mempertanyakan hal-hal kebenaran berpikir menurut pandangan umum ; 9) mempertajam pelajaran dari berpikir reflektif ; 10) melihat makna dari berpikir menurut gambaran besarnya ; 11) menghayati hasil berpikir menurut tujuan akhir.
Hal-hal yang kita sebutkan diatas dapat memberikan gambaran kepada anda, apa artinya berpikir baik, oleh karena itu cobalah anda renungkan kembali dalam pikiran anda bahwa sampai di mana anda hari ini dan akan samapi ke mana anda besok ditentukan oleh pikiran anda, itulah yang harus anda ingat.
Pahamilah dampak cara berpikir yang berubah :
Pertama bayangkan oleh anda untuk dipikirkan kembali bahwa mengubah cara berpikir bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan tanpa memiliki kemampuan modal kedewasaan berpikir, oleh karena itu renungkan hal-hal yang berkaitan dengan pemahaman anda mengenai 1) cara berpikir yang diubah itu tidaklah otomatis ; 2) cara berpikir yang diubah itu sulit ; 3) cara berpikir yang diubah itu layak diinvestasikan ; 4) cara berpikir yang diubah itu merupakan pemberian terbaik yang mungkin anda berikan kepada sesama.
Dengan mendalami hal-hal yang disebutkan diatas, maka dampak cara berpikir yang diubah bertolak dari usaha anda mengadakan perubahan-perubahan yang tepatlah terhadap cara berpikir anda, sehingga hal-hal lainnya dalam kehidupan anda baru bisa benar. Jadi untuk melangkah dengan hasil dari modal kedewasaan berpikir dengan bertolak dari langkah berpikir yang mencakup 1) mengubah cara berpikir anda berarti mengubah keyakinan anda ; 2) mengubah kepercayaan anda berarti mengubah harapan anda menjadi gambaran yang lebih jelas ; 3) mengubah harapan anda itu berarti mengubah sikap dan perilaku anda ; 4) mengubah sikap dan perilaku anda berarti anda siap menghadapi tantangan masa depan ; 5) kesiapan menghadapi tantangan masa depan berarti anda mengubah kinerja anda ; 6) mengubah kinerja anda berarti mengubah kehidupan anda.
Jadi dengan memahami apa arti dari dampak cara berpikir yang berubah dari ungkapan diatas, menggugah jalan pikiran anda untuk berubah artinya peluang dalam diri anda untuk berubah mnjadi suatu kebutuhan, namun harus diingat bahwa segala sesuatu yang anda pikirkan anda tidak akan pernah mencapai keberhasilan sejati kecuali anda menyenangi pekerjaan anda.
Modal kedewasaan berpikir menjadi tuntunan berpikir terarah :
Apa yang terpikikan oleh anda untuk dapat menempatkan diri di tempat yang tepat untuk berpikir, tidaklah sulit untuk mewujudkannya, yang menjadi masalah adalah konsisten dan disiplin, oleh karena itu bayangkan dan renungkan hal-hal yang berkaitan dengan kemampuan mengembangkan pemikiran-pemikiran yang baik.
Sejalan dengan ungkapan diatas, maka pemikiran yang diutarakan ini bukanlah satu-satunya cara terbaik tetapi pengalaman menunjukkan gambaran yang produktif dalam mengungkit kekuatan pikiran yang mencakup 1) temukanlah tempat untuk merenungkan pemikiran-pemikiran anda ; 2) temukanlah tempat untuk membntuk pemikiran anda ; 3) temukanlah tempat untuk mengembangkan pemikiran-pemikiran anda ; 4) temukanlah tempat untuk mendaratkan pemikiran-pemikiran anda ; 5) temukanlah tempat untuk melayangkan pemikiran-pemikiran anda.
Bertolak dari pemikiran diatas, mendorong anda untuk mengungkit kemungkinan pemikiran, bagaimana caranya menjadi pemikir yang baik dengan menguasai proses berpikir yang baik dengan melangkah kedalam hal-hal yang kita sebut sebagai berikut dengan memberikan apa yang disebut dengan 1) eksposlah diri terhadap masukan yang baik ; 2) eksposlah diri terhadap pemikir-pemikir yang baik ; 3) pilihlah dalam merenungkan pemikiran-pemikiran yang baik ; 4) tindak lanjutilah pemikiran-pemikiran ang baik ; 5) biarlah emosi-emosi anda mnciptakan pemikiran baik lainnya.; 6) ulanglah prosesnya bila itu diperlukan kembali.
Dengan langkah-langkah tersebut diatas, hanya dengan membangun kebiasaan yang produktif sebagai suatu pemikiran yang baik tidaklah menjadi kehidupan baik, jadi selalu ingat bahwa keberhasilan datang kepada mereka-mereka yang mempunyai segunung emas yang terus di tambang artinya kerjakan secara berkelanjutan meningkatkan modal kedewasaan berpikir dari yang tidak menjadi tahu.
PENUTUP
Memahami arti penting dalam jati diri anda, diperlukan kekuatan pikiran untuk menggugah meningkatkan modal kedewasaan berpikir, dengan begitu ada keyakinan pada diri ntuk melakukan perubahan dalam proses pola pikir anda, karena meyakini bahwa kehidupan ini terdiri dari apa yang dipikirkan oleh anda sepanjang harinya.
Oleh karena itu, perlu meningkatkan kedewasaan berpikir, dengan begitu semua kegiatan kegiatan anda adalah jabaran terbaik dari pikiran anda. Jadi anda bayangkan bahwa hari ini anda berada ke mana pikiran anda telah membawa anda. Besok anda akan berada ke mana pikiran anda membawa anda.
Jadi dengan modal kedewasaan berpikir anda berarti kemampuan anda meraih puncak itu berpikir lain dibandingkan yang lain, sehingga memberikan daya dorong untuk melakukan perubahan cara berpikir anda, maka bayangkan semua yang benar, yang mulia, yang adil, yang suci, yang manis, yang sedap di dengar, itulah semuanya yang kita sebut dengan kebajikan, yang harus anda pikirkan semuanya itu. Dengan demikian ubahlah cara berpikir anda dan ubahlah kehidupan anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KIKI MALIKA PRIMADANI

Let's Around The World

LINGUA BLOG

Just Another Lingua Blog Wordpress.com

MADRASAH DINIYAH PLUS AL-MANSHUR

Madrasah Diniyah Plus Al-Manshur Pinggirsari Ponorogo

Protech Parabola ™

Biss Key | Forum Parabola | Sepak Bola | FTA | Liga Inggris | Liga Champions | Liga Spanyol | Liga Italia | IPM | Feed

sastrawan808

Penulis muda muslim, aktivis sosial, penggebrak perubahan menuju kesuksesan dunia dan akhirat

Catatan Dahlan Iskan

dahlaniskan.wordpress.com

Mr.Sahrul Santri

SaSatorial_SahrulSantriTutorial

Just in Write

Just be yourself

NoerDblog

Secangkir narasi alam

Lambangsarib's Blog

Catatan Orang Biasa

Life Fire

Man Jadda Wajada | Dreams will be achieved when we truly believe in our heart ˆ⌣ˆ

nimadesriandani

Balanced life, a journey for happiness site

Catatan Hidup

Jadikan semua kejadian sebagai pembelajaran hidup

Rindrianie's Blog

Just being me

Febriyan Lukito

sharing, caring and enriching life

AULIA FASYA

Daily Stories, Poem, Feeling, and You!

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

%d blogger menyukai ini: