Etimologi

Etimologi, dari bahasa Yunani ήτυμος (étymos, arti kata) dan λόγος (lógos, ilmu), adalah cabang ilmu linguistik yang menyelidiki asal-usul kata serta perubahan dalam bentuk dan maknanya. Kajian etimologi sebenarnya merupakan ranah akademis, tapi bagi penutur suatu bahasa, pengetahuan atau pemahaman dasar tentang etimologi sangat berguna antara lain dalam menentukan ejaan mana yang benar, berdasarkan asal katanya (disebut etimon), serta untuk proses pembentukan istilah baru.

Etimologi sangat erat kaitannya dengan sejarah suatu bangsa. Hubungan dengan (atau pendudukan oleh) bangsa lain sangat berpengaruh terhadap kosakata suatu bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu yang merupakan bagian dari rumpun bahasa Austronesia. Hal ini menyebabkan banyak kosakata bahasa Indonesia yang mirip dengan bahasa serumpun seperti bahasa Melayu, Sunda, Jawa, Tagalog (Filipina), dll.

Antara abad ke-7 dan ke-9, bangsa-bangsa di India masuk ke Indonesia melalui perdagangan dan penyebaran agama Hindu dan Buddha. Ini merupakan alasan mengapa banyak kosakata kita yang berasal dari bahasa Sanskerta, bahasa klasik India.

Sekitar abad ke-7, kerajaan-kerajaan Nusantara mulai menjalin kontak melalui perdagangan dengan bangsa-bangsa Cina dan Arab. Dalam interaksi ini, masuk pulalah beberapa kosakata bahasa Cina dan bahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia.

Awal abad ke-16 bangsa Portugis masuk ke Indonesia dan membuat bahasa Portugis pun banyak diserap ke dalam kosakata bahasa Indonesia. Namun, pendudukan Belanda selama 3,5 abad sejak awal abad ke-17 telah membuat bahasa Belanda menjadi salah satu sumber serapan utama bahasa Indonesia.

Bangsa-bangsa lain yang sempat berinteraksi dengan Indonesia sepanjang sejarah bangsa juga telah menjadi sumber kosakata bahasa Indonesia, meskipun tidak dominan dan hanya sedikit. Contohnya adalah Spanyol, Perancis, dan Jepang.

Seiring berjalannya waktu, dengan semakin diakuinya bahasa Inggris sebagai lingua franca, kosakata bahasa Indonesia semakin banyak yang bersumber pada bahasa Inggris. Tidak hanya kosakata baru, kosakata yang sudah ada pun dapat mengalami perubahan ejaan karena peralihan rujukan ini.

Jadi, jika Anda menemukan suatu kata bahasa Indonesia yang diragukan ejaannya, cobalah untuk menelisik, kira-kira dari manakah asal kata tersebut. Baca Pedoman Umum Pembentukan Istilah untuk mencari tahu bagaimana pola penyerapannya.

Atau sebaliknya, jika ada kata bahasa Inggris yang belum ada padanannya dalam bahasa Indonesia, Anda bisa mencoba untuk melakukan penyerapan dengan menggunakan pedoman yang disebut di atas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KIKI MALIKA PRIMADANI

Let's Around The World

LINGUA BLOG

Just Another Lingua Blog Wordpress.com

MADRASAH DINIYAH PLUS AL-MANSHUR

Madrasah Diniyah Plus Al-Manshur Pinggirsari Ponorogo

Protech Parabola ™

Biss Key | Forum Parabola | Sepak Bola | FTA | Liga Inggris | Liga Champions | Liga Spanyol | Liga Italia | IPM | Feed

sastrawan808

Penulis muda muslim, aktivis sosial, penggebrak perubahan menuju kesuksesan dunia dan akhirat

Catatan Dahlan Iskan

dahlaniskan.wordpress.com

Mr.Sahrul Santri

SaSatorial_SahrulSantriTutorial

Just in Write

Just be yourself

NoerDblog

Secangkir narasi alam

Lambangsarib's Blog

Catatan Orang Biasa

Life Fire

Man Jadda Wajada | Dreams will be achieved when we truly believe in our heart ˆ⌣ˆ

nimadesriandani

Balanced life, a journey for happiness site

Catatan Hidup

Jadikan semua kejadian sebagai pembelajaran hidup

Rindrianie's Blog

Just being me

Febriyan Lukito

sharing, caring and enriching life

AULIA FASYA

Daily Stories, Poem, Feeling, and You!

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

%d blogger menyukai ini: