Sosiologi Sastra

SOSIOLOGI SASTRA

Kajian tentang ilmu kesustraan yang terjadi dalam masyarakat sosial. Pencetus awal kajian sosiologi sastra ini adalah orang perancis yang bernama Goldman (Dialektika). goldman ini orang perancis yang pertama yang memadukan antara orang sastra dengan sastra sehingga muncul sebuah pemikiran filsafat. Menurut kajian sosiologi sastra ini manusia terdiri dua kelompok yaitu:

  1. Kelompok Protelian (protolianisme): aliran ini mengatakan bahwasannya alam itu berdiri dengan sendirinya tanpa ada sesuatu yang lainya yang menciptakannya yang sesuai dengan proses kejadiannanya. Kelompok protolian ini terus berkembang sehingga kelompok ini menjadi suatu kelompok sosialisme yang mengatakan sesuatu yang ada adalah realistis (nyata). Teori protoliasme ini dipelopori oleh karl marx dan lanin, karl marx dan lanin ini mengatakan  bahwa sastra itu harus berasal dari sesuatu yang realistis (nyata).
  2. Kelompok Galelian (galilianisme): kelompok yang mengatakan bahwasannya kelompok ini kelompok yang agamis dalam artian semua kejadian yang terjadi di alam ini karena adanya ada yang menciptakan (kholik). Kelompok ini melahirkan sebuah kelompok agama. Abu ali mengatakan  kata الله bukanlah sebuah nama tuhan akan tetapi kata  الله berasal kata اله  yang  mempunyai arti اعتبر  yang berarti pengalaman. Sehingga kelompok ini berpisah dengan kelompok protelian.dan juga kelompok ini terpecah lagi menjadi dua bagian: A. kelompok yang mengatakan  ada tuhan yang menciptakan. B. kelompok yang satu ini mengatakan  di alam semsta ini ada tuhan yang merusak. Kelompok golelian ini mempercayai dengan adanya sesuatua yang ghoib ( yang tidak tampak) serta mengatakan alam di dunia ini bukan hanya alam realistis akan tetapi ada juga alam yang ghoib (adanya surge, neraka, akhirat, alam kubur, dll). Kelompok ini yang pertama kali mempercayai dengan adanya sang pencita yang menciptakan semua makhluk  yang ada di muka bumi ini.

Dalam aliran ini sehingga muncul beberapa aliran yang terjadi didunia ini diantaranya : aliran jabariayah, qodariah, suni, dll. Aliran jabariah mengatakan porsi tuah lebih banyak daripada prosi manusia, sedangkan kelompok qodariah mengatakan sebaliknya prosi manusia lebih banyak daripada prosi tuhan.

Sastra adalah hasil ciptaan manusia yang diungkapkan dalam sebuah tulisan melalui media bahasa atau hasil pemikiran yang diungkapkan kedalam bentuk puisi. Dalam bahasa jawa sastra adalah tulisan suci yang tertulis dalam sebuah tulisan yang diungkapkan kedalam bentuk puisi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KIKI MALIKA PRIMADANI

Let's Around The World

LINGUA BLOG

Just Another Lingua Blog Wordpress.com

MADRASAH DINIYAH PLUS AL-MANSHUR

Madrasah Diniyah Plus Al-Manshur Pinggirsari Ponorogo

Protech Parabola ™

Biss Key | Forum Parabola | Sepak Bola | FTA | Liga Inggris | Liga Champions | Liga Spanyol | Liga Italia | IPM | Feed

sastrawan808

Penulis muda muslim, aktivis sosial, penggebrak perubahan menuju kesuksesan dunia dan akhirat

Catatan Dahlan Iskan

dahlaniskan.wordpress.com

Mr.Sahrul Santri

SaSatorial_SahrulSantriTutorial

Just in Write

Just be yourself

NoerDblog

Secangkir narasi alam

Lambangsarib's Blog

Catatan Orang Biasa

Life Fire

Man Jadda Wajada | Dreams will be achieved when we truly believe in our heart ˆ⌣ˆ

nimadesriandani

Balanced life, a journey for happiness site

Catatan Hidup

Jadikan semua kejadian sebagai pembelajaran hidup

Rindrianie's Blog

Just being me

Febriyan Lukito

sharing, caring and enriching life

AULIA FASYA

Daily Stories, Poem, Feeling, and You!

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

%d blogger menyukai ini: