Hikmah dan Kisah Bulan Ramadhan

Adalah kekeliruan dan kesalahan jika terdapat persepsi bahwa bulan Ramadhan adalah bulan kelemahan dan istirahat, disebabkan adanya puasa di dalamnya. Kenyataan sebenarnya justru sebaliknya, Ramadhan adalah bulan jihad, penuh kekuatan dan semangat. Berikut ini akan kami bawakan sejumlah peristiwa penting, peperangan dan kemenangan kaum muslimin yang terjadi di bulan Ramadhan. Semoga ada manfaatnya.

Pertama: Diturunkannya al-Qur’ān pada malam Lailatul Qadr di bulan Ramadhan, yakni turunnya al-Qur’ān secara sekaligus dari al-Lauhu’l Mahfūzh ke langit dunia, sebagaimana ditafsirkan oleh Ibn ‘Abbās.

Kedua: Perang Badr al-Kubrā, pada hari Jum’at, tanggal 17 Ramadhan tahun ke-2 H (623 M). Kaum muslimin berjumlah 300 lebih menghadapi sekitar 1000 orang musyrikin. Peperangan dimenangkan oleh kaum muslimin. Terbunuh pada pertempuran ini sejumlah pembesar kafir Quraisy, di antaranya Abū Jahl, Syaibah Ibn Rabī`ah dan Walīd Ibn ‘Utbah, dan lain-lain. Jumlah kafir Quraisy yang terbunuh sebanyak 70 orang dan 70 orang lainnya tertawan. Sementara dari pihak muslimin gugur 14 orang. Peristiwa Badr memiliki dampak positif yang sangat kuat sekaligus asas bagi masa depan Islam. Karena itulah, al-Qur’ān menamakan peristiwa tersebut sebagai yaum al-furqān (hari pembedaan, QS. Al-Anfāl [8]: 41), karena peristiwa itu membedakan antara kebenaran dan kebatilan. Hari dimana kaum mukminin sangat ditinggikan dan orang-orang kafir menjadi sangat direndahkan.

Ketiga: Penaklukan kota Makkah, pada hari Jum’at, tanggal 20 atau 21 Ramadhan tahun 8 H (629 M). Pada peristiwa tersebut RasuluLlāh menghancurkan berhala-berhala di sekitar Ka’bah yang berjumlah 360 buah. Setelah itu RasuluLlāh berkata, “Hai orang-orang Quraisy, apa kiranya yang akan saya lakukan terhadap kalian di hari ini?” Mereka menjawab, “Sesuatu yang baik. Sebab engkau adalah saudara yang baik dan akan memperlakukan saudara dengan baik pula.” Nabi ` berkata, “Pergilah, kalian bebas.” Ini merupakan amnesti terbesar dan kasih sayang yang sangat agung. Jatuhnya Makkah membuka jalan untuk penaklukan seluruh jazirah Arab.

Keempat: Penaklukan Andalusia, pada 27 Ramadhan 92 H atau 19 Juli 711 M. Thariq Ibn Ziyād memimpin kaum muslimin menuju Andalusia melalui jalur laut. Konon, Thāriq membakar kapal-kapal yang membawa pasukan kaum muslimin ke Andalusia, lalu membawakan pidatonya yang masyhur, “Wahai manusia, ke mana kalian akan lari?! Laut di belakang kalian, sementara musuh di depan kalian. Tidak ada pilihan lain bagi kalian selain jujur kepada diri sendiri dan sabar.”

Kelima: Perang az-Zallāqah, pada hari Jum’at, 25 Ramadhan 479 H (1086 M). Pada saat itu pasukan muslimin Murābithūn di bawah pimpinan Yusuf Ibn Tāsyifīn mendapat kemenangan atas pasukan Kristen di bawah pimpinan Franco IV. Setelah itu, jadilah seluruh Andalusia berada di bawah pemerintahan Murābithūn.

Keenam: Perang ‘Ain Jalūt (dekat Nablus di Palestina), pada hari Jum’at, 15 Ramadhan 658 H atau 3 September 1260 M. Pada peristiwa tersebut, kaum muslimin di bawah pimpinan Quthuz, mengalahkan Mongolia. Perang ini merupakan peristiwa besar dalam sejarah Islam dan merupakan kemenangan pertama yang berhasil dicapai oleh kaum muslimin terhadap orang-orang Mongol. Setelah sebelumnya Mongol sempat meluluhlantakkan Baghdād dan membantai sekitar sejuta orang muslim pada Muharram 656 H (1258 M). Ini menghancurkan mitos bahwa Mongol tidak terkalahkan. Setelah peristiwa tersebut, kemenangan demi kemenangan diraih oleh kaum muslimin atas Mongolia.

Ketujuh: proklamasi kemerdekaan Indonesia, pada hari Jum’at, 17 Agustus 1945 yang bertepatan dengan 9 Ramadhān 1364 H.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KIKI MALIKA PRIMADANI

Let's Around The World

LINGUA BLOG

Just Another Lingua Blog Wordpress.com

MADRASAH DINIYAH PLUS AL-MANSHUR

Madrasah Diniyah Plus Al-Manshur Pinggirsari Ponorogo

Protech Parabola ™

Biss Key | Forum Parabola | Sepak Bola | FTA | Liga Inggris | Liga Champions | Liga Spanyol | Liga Italia | IPM | Feed

sastrawan808

Penulis muda muslim, aktivis sosial, penggebrak perubahan menuju kesuksesan dunia dan akhirat

Catatan Dahlan Iskan

dahlaniskan.wordpress.com

Mr.Sahrul Santri

SaSatorial_SahrulSantriTutorial

Just in Write

Just be yourself

NoerDblog

Secangkir narasi alam

Lambangsarib's Blog

Catatan Orang Biasa

Life Fire

Man Jadda Wajada | Dreams will be achieved when we truly believe in our heart ˆ⌣ˆ

nimadesriandani

Balanced life, a journey for happiness site

Catatan Hidup

Jadikan semua kejadian sebagai pembelajaran hidup

Rindrianie's Blog

Just being me

Febriyan Lukito

sharing, caring and enriching life

AULIA FASYA

Daily Stories, Poem, Feeling, and You!

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

%d blogger menyukai ini: