SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : MA As-syafi’iyah
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Program : XI
Semester : 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi.
Alokasi Waktu : 20 x 45 menit
Kompetensi Dasar |
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Penilaian |
Alokasi Waktu (menit) |
Sumber/ Bahan/ Alat |
1.1 Mengklasifikasi
ketenagakerjaan
1.2 Mendeskripsik-an tujuan pembangunan ekonomi
1.3 Mendeskripsik-an proses pertumbuhan ekonomi
1.4 Mendeskripsik-an pengangguran beserta dampaknya terhadap pembangunan nasional
|
Kerja keras
Jujur saling menghargai
Kerja keras Jujur saling menghargai
Kerja keras Jujur saling menghargai
Kerja keras Jujur saling menghargai
|
Kerja keras.
Jujur. saling menghargai orang lain inovatif,
Kerja keras. Jujur. saling menghargai orang lain inovatif,
Kerja keras. Jujur. saling menghargai orang lain inovatif,
Kerja keras. Jujur. saling menghargai orang lain inovatif,
|
pengangguran terhadap pembangunan nasional
|
pengangguran terhadap pembangunan nasional. |
dampak pengangguran terhadap pembangunan nasional.
|
Jenis tagihan: kuis dan pertanyaan lisan melalui Uji Penguasaan Materi, tugas individu dan kelompok (diskusi).
Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian obyektif, uraian bebas, skala sikap |
8 x 45 menit
4 x 45 menit
4 x 45 menit
4 x 45 menit
|
Buku Ekonomi dan sumber lain yang relevan |
Mengetahui, 2011
Kepala SMA Guru Mata Pelajaran
NIP. NIP.
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Program : XI
Semester : 1
Standar Kompetensi : 2. Memahami APBNdan APBD
Alokasi Waktu : 14 x 45 menit
Kompetensi Dasar |
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Penilaian |
Alokasi Waktu (menit) |
Sumber/ Bahan/ Alat |
2.1 Menjelaskan pengertian, fungsi, tujuan APBN dan
APBD
2.2 Mengidentifi-kasi sumber-sumber penerimaan pemerintah pusat dan pemerintah daerah
2.3 Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang fiskal
2.4 Mengidentifi-kasi jenis-jenis pengeluaran pemerintah pusat dan pemerintah daerah |
Kerja keras
Jujur saling menghargai
Kerja keras Jujur saling menghargai
Kerja keras Jujur saling menghargai
Kerja keras Jujur saling menghargai
|
Kerja keras.
Jujur. saling menghargai orang lain inovatif,
Kerja keras. Jujur. saling menghargai orang lain inovatif,
Kerja keras. Jujur. saling menghargai orang lain inovatif,
Kerja keras. Jujur. saling menghargai orang lain inovatif,
|
|
|
|
Jenis tagihan: kuis dan pertanyaan lisan melalui UPM, ulangan, laporan kerja praktik, tugas individu dan kelompok (diskusi).
Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian obyektif, uraian bebas, skala sikap |
2 x 45 menit
4 x 45 menit
6 x 45 menit
2 x 45 menit
|
Buku Ekonomi dan sumber lain yang relevan |
Mengetahui, 2011
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran
NIP. NIP.
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Program : XI
Semester : 1
Standar Kompetensi : 3. Mengenal pasar modal
Alokasi Waktu : 10 x 45 menit
Kompetensi Dasar |
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Penilaian |
Alokasi Waktu (menit) |
Sumber/ Bahan/ Alat |
3.1 Mengenal jenis produk dalam bursa efek
3.2 Mendeskripsikan mekanisme kerja bursa efek
|
Kerja keras
Jujur saling menghargai
Kerja keras Jujur saling menghargai |
Kerja keras.
Jujur. saling menghargai orang lain inovatif,
Kerja keras. Jujur. saling menghargai orang lain inovatif, |
|
|
|
Jenis tagihan: kuis dan pertanyaan lisan melalui UPM, ulangan, laporan kerja praktik, tugas individu dan kelompok (diskusi).
Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian obyektif, uraian bebas, skala sikap |
4 x 45 menit
6 x 45 menit
|
Buku Ekonomi dan sumber lain yang relevan |
Mengetahui, 2011
Kepala SMA Guru Mata Pelajaran
NIP. NIP.
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Program : XI
Semester : 1
Standar Kompetensi : 4. Memahami perekonomian terbuka
Alokasi Waktu : 16 x 45 menit
Kompetensi Dasar |
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Penilaian |
Alokasi Waktu (menit) |
Sumber/ Bahan/ Alat |
4.1 Mengidentifikasi manfaat, keuntungan dan faktor-faktor pendorong perdagangan internasional
4.2 Mengidentifika-si kurs tukar valuta asing dan neraca pembayaran
4.3 Menjelaskan konsep tarif, kuota, larangan ekspor, larangan impor, subsidi, premi, diskriminasi harga dan dumping
|
Kerja keras
Jujur saling menghargai
Kerja keras Jujur saling menghargai
Kerja keras Jujur saling menghargai
Kerja keras Jujur saling menghargai
|
Kerja keras.
Jujur. saling menghargai orang lain inovatif,
Kerja keras. Jujur. saling menghargai orang lain inovatif,
Kerja keras. Jujur. saling menghargai orang lain inovatif,
Kerja keras. Jujur. saling menghargai orang lain inovatif,
|
|
|
|
Jenis tagihan: kuis dan pertanyaan lisan melalui UPM, ulangan, laporan kerja praktik, tugas individu dan kelompok (diskusi).
Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian obyektif, uraian bebas, skala sikap |
8 x 45 menit
6 x 45 menit
2 x 45 menit |
Buku Ekonomi dan sumber lain yang relevan |
Mengetahui, 2011
Kepala SMA Guru Mata Pelajaran
NIP. NIP.
Jan 01, 2017 @ 02:42:41
thanks gan atas kunjungannya
Jan 01, 2017 @ 02:43:05
thanks gan atas kunjungannya